Plugin, Tema, Templates, dan Page Builder

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Phasellus sed ligula purus. Ut interdum, nisi in dignissim sodales, nibh tortor sollicitudin urna, vehicula ullamcorper lacus velit ac nisl. Proin sapien metus, efficitur vel lobortis aliquam, varius at ligula

Mengenal Plugin

Andai sebuah website adalah perangkat smartphone maka plugin adalah aplikasinya. Mereka dapat mempermudah dan memperluas fungsionalitas atau menambahkan fitur baru ke situs web WordPress Anda.

Plugin memudahkan pengguna untuk menambahkan fitur ke situs web mereka tanpa mengetahui satu baris kode pun.

Ada ribuan plugin WordPress yang tersedia mulai dari yang gratis dan premium berbayar. Sebagai administrator situs, Anda dapat menginstal/mencopot plugin dari area admin. Anda juga dapat mengunduh dan menginstalnya secara manual menggunakan klien FTP.

Memasang plugin sangatlah asik karena dapat mempercantik tampilan website dan sebagian besar plugin gratis.

Tetapi juga penting untuk diingat, menginstall terlalu banyak plugin dapat memperlambat kecepatan load website kalian. Dan juga perlu di cek karena beberapa plugin ada yang tidak kompatibel dengan versi wordpress kalian.

Mengenal Tema

Tema adalah kumpulan template dan stylesheet yang digunakan untuk menentukan tampilan website kalian. Tema dapat diubah dan dikelola. Sama seperti plugin tema juga ada yang premium berbayar dan juga tersedia gratis di WordPress.org

Masing-masing hadir dengan desain, tata letak, dan fitur yang berbeda. Kalian dapat memilih desain dan fungsional yang pas untuk situs web kalian.

Ada yang dirancang untuk melayani jenis situs web tertentu, missal ada tema yang struktur dan desainnya memang untuk blog, e-commerce dll.

Ada beberapa istilah yang akan anda temui saat akan memilih tema wordpress secara online. yaitu :

  • Parent Themes
  • Child Themes

Parent Theme

Secara singkat parent theme adalah sebuah mainframe atau struktur utama dari sebuah tema.

Misalkan website adalah manusia maka parent theme adalah kerangka tulangnya. Hal ini sangat mempengaruhi fungsionalitas website.

Dan apabila kalian berencana mengganti parent theme website kalian ada kemungkinan besar bahwa struktur dan tampilan konten website kalian akan sangat berantakan.

Child Theme

Nah jika parent theme tadi diumpamakan sebagai tengkorak, maka child theme adalah daging dan kulitnya. Child theme biasanya digunakan untuk membuat perubahan kecil pada parent theme.

Misalnya, jika Anda memiliki tema dan Anda ingin mengubah warna, font, dan kontennya, maka Anda dapat melakukannya dengan menggunakan child theme.

Mengenal Template

Template juga merupakan salah satu bagian paling asik dalam memulai sebuah website dari nol.

Penjelasan paling gampang, sebuah template umumnya adalah sebuah child theme yang sudah di set secara apik dan rapi untuk berbagai macam website yang siap dipasang dan dapat kalian kustomisasi untuk pengembangannya dengan menggunakan page builder.

Kalian dapat membuat template kalian sendiri atau mengunduh secara gratis atau berbayar di internet.

Kalian bebas dan leluasa untuk memasang template sesuka hati kalian. Mulai dari Homepage, jika kalian bingung bagaimana membuat homepage yang bagus, tinggal download dan pasang template.

Atau kalian membuat blog dan malas untuk membuat format post yang rapi, disini template juga akan sangat membantu untuk mempermudah dan mempercepat kinerja kalian.

Mengenal Page Builder

Kebanyakan orang ketika ingin membuat website, hal yang paling ditakuti adalah tidak bisa coding dan tidak mengerti coding. Lalu bagaimana saya bisa membangun dan mendesain website yang rapi dan bagus?. Ya memang ada beberapa tema dan template yang bagus dan sesuai dengan selera saya, tapi bagaimana saya mengkustomisasi konten untuk kedepannya jika saya tidak bisa coding?.

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah Page Builder.

Page builder yang akan kita bahas disini semua akan bersifat drag and drop, dan kalian tidak diharuskan untuk mengerti coding untuk menggunakannya. Menggunakan drag and drop page builder dalam website anda semudah menggambar dan mengedit gambar dengan photoshop. Anda hanya perlu mempelajari fitur-fitur dan tutorial page builder yang ingin kalian gunakan, lalu selanjutnya tinggal mendesain sesuai kreatifitas kalian.

Berikut adalah Page Builder yang telah kami coba, masih gunakan, dan rekomendasikan:

Elementor

Elementor adalah Page Builder WordPress yang sangat popular. Plugin ini bersifat drag and drop dan kalian bisa melihat perubahan yang dibuat secara langsung saat kalian mengeditnya dengan Elementor.

Cukup mulai dengan membuat bagian dan pilih jumlah kolom untuk setiap bagian. Anda kemudian dapat menarik dan melepas widget dari panel kiri ke bagian Anda. Elementor hadir dengan berton-ton widget termasuk elemen situs web yang paling umum digunakan. Dari gambar dasar dan widget teks hingga akordion canggih, slider, testimonial, ikon, media sosial, tab, dll. Setiap widget dilengkapi dengan pengaturannya sendiri .Elementor juga akan memungkinkan Anda menambahkan widget yang dibuat oleh plugin WordPress lainnya.

Tidak ingin membuat template Anda sendiri?

Elementor hadir dengan banyak template siap pakai yang dapat Anda sisipkan dengan mudah ke halaman Anda. Anda cukup mengarahkan dan mengeklik untuk mengedit item apa pun di laman, mengganti konten, dan Anda selesai. Perlu diperhatikan sebelum memasang plugin elementor, pastikan bahwa tema yang anda pasang kompatibel dengan elementor. Tema yang kami rekomendasikan adalah Astra

Harga:  Plugin elementor tersedia secara gratis di dalam wordpress, maka ini menjadi rekomendasi pertama kami untuk kalian

Lalu untuk Elementor Pro dapat didapatkan di PakarWP dengan harga Rp. …… saja

Versi Elementor Pro dapat menyuguhkan lebih banyak template yang siap pasang, ratusan module yang lebih menarik dan ribuan widget dan kelebihan lain yang bisa kalian lihat di elementor.com/pro-vs-free/

Kalian dapat membuat template kalian sendiri atau mengunduh secara gratis atau berbayar di internet. Kalian bebas dan leluasa untuk memasang template sesuka hati kalian. Mulai dari Homepage, jika kalian bingung bagaimana membuat homepage yang bagus, tinggal download dan pasang template. Atau kalian membuat blog dan malas untuk membuat format post yang rapi, disini template juga akan sangat membantu untuk mempermudah dan mempercepat kinerja kalian.

Divi

Divi adalah tema drag and drop dan plugin pembangun halaman WordPress. Ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan 20+ templateuntuk berbagai jenis situs web.

Pada dasarnya divi juga hampir sama seperti elementor, divi juga sama populernya seperti elementor. Banyak orang yang memilih divi karena terkesan lebih simple atau karena lebih familiar. Anda dapat langsung mengklik halaman Anda dan mulai mengedit dengan pratinjau waktu-nyata dari semua perubahan. Anda tidak perlu menyimpan dan mengklik pratinjau untuk melihat desain baru Anda.

Divi dilengkapi dengan 46 modul konten yang dapat Anda seret dan lepas di mana saja di tata letak Anda. Anda dapat mengaturnya dalam 3 jenis bagian, 20 jenis baris, dan menyesuaikan setiap elemen menggunakan pengaturan desain lanjutannya. Dengan Divi, Anda dapat membuat semua jenis template halaman khusus yang Anda inginkan dalam beberapa menit. Anda kemudian dapat menyimpan template Divi ini untuk digunakan di lain waktu di situs Anda. Anda juga dapat mengekspor template dari satu pemasangan Divi ke yang lain.

Plugin Divi Builder adalah tulang punggung dari tema Divi, namun ia bekerja dengan baik dengan tema WordPress lainnya. Yang terbaik dari semuanya, Divi memiliki harga terbaik dari semua opsi Page Builder.  Anda akan mendapatkan tema Divi, plugin Page Builder Divi, dan berbagai produk Elegan Themes lainnya.

Ini berarti Anda dapat menggunakan tema Divi atau menginstal plugin Divi Builder pada tema lainnya.

Harga: Mulai dari Rp. …..

Table of Contents

Leave a Reply